Home Indonesia Gempa M 6,2 Guncang Majene, Kantor Gubernur Hingga Rumah Sakit Ambruk, 3...

Gempa M 6,2 Guncang Majene, Kantor Gubernur Hingga Rumah Sakit Ambruk, 3 Orang Tewas, 6 Tertimbun Reruntuhan dan Puluhan Luka-Luka

-

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2 guncang Sulawesi Barat (Sulbar) yang berpusat di Majene.
Gempa ini juga membuat beberapa bangunan rusak dan memakan korban jiwa.
Gempa M 6,2 Majene terjadi pada hari Jumat (15 januari 2021) pukul 01.28 WIB atau pukul 02.28 dini hari waktu setempat.

Lokasi gempa berada di koordinat 2,98 Lintang Selatan dan 118,94 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan berpusat di daratan.

Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu kekuatan guncangan IV – V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.

Dampak gempa M 6,2 Majene sejauh ini dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) di Mamuju ambruk.
Kantor Gubernur Sulbar yang berlokasi di Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Mamuju ambruk. Belum diketahui ada/tidaknya korban dari ambruknya kantor Gubernur Sulbar.

Bukan hanya kantor gubernur Sulbar, Hotel Maleo di Jl Yos Sudarso, Mamuju, dilaporkan rusak berat. Hotel Maleo berlokasi di pinggir laut.

Di samping itu, warga setempat melaporkan ada bangunan bertingkat yang ambruk.

Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami telah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami,” kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju, Sulbar, kepada Antara.

Enam orang dilaporkan tertimbun reruntuhan gedung Rumah Sakit Mitra Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.
Korban yang dilaporkan terjebak adalah perawat, pasien, dan keluarga pasien.

Sebanyak 3 orang tewas akibat gempa dengan magnitudo (M) 6,2 di Majene yang berdampak ke Kota Mamuju, Sulbar. Selain itu, puluhan orang luka-luka dan ribuan warga mengungsi.

Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Raditya.

Gempa ini juga sempat memicu kepanikan warga. Warga dilaporkan berhamburan keluar rumah begitu ada gempa M 6,2 Majene. Selain itu, jaringan listrik di Mamuju dilaporkan padam dan BPBD Majene menginformasikan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju (akses jalan terputus), sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit Puskesmas rusak berat dan 1 Kantor danramil Malunda rusak berat.

BPBD setempat melakukan penanganan darurat, seperti penanganan korban luka, evakuasi, pendataan dan pendirian pos pengungsian. Kebutuhan mendesak saat ini berupa sembako, selimut dan tikar, tenda keluarga, pelayanan medis dan terpal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

Paling Banyak dibaca

avatar facebook

Gampang Banget, Begini Cara Membuat Avatar Facebook Karaktermu Untuk Android dan iPhone IOS

Nah, jika kamu tertarik berikut cara mudah membuat avatar Facebook di Android dan iPhone iOS, antara lain
Terdapat 16 Restoran Yang Telah dikunjungi Pasien Positif Virus Corona di Hong Kong, Termasuk 4 Mc Donald dan KFC

Terdapat 16 Restoran Yang Telah dikunjungi Pasien Positif Virus Corona di Hong Kong, Termasuk...

Setidaknya lebih dari 100 kasus yang dikonfirmasi oleh pemerintah dicatat selama 6 hari berturut-turut, meningkat menjadi 2.779 secara total.
tkw hong kong meninggal jatuh dari jendela

BMI Hong Kong Meninggal Dunia Jatuh dari Ketinggian di North Point Saat Mengelap Jendela

Seorang Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bekerja menjadi pembantu rumah tangga jatuh dan meninggal dunia di North Point, Hong Kong.
- Advertisment -